Jumat, 21 Januari 2011

Persahabatan Sejati

Oleh :
Sonny Maramis Mingkid (Jakantor Community)

Sampai saat ini kadang aku masih bertanya – tanya dalam hati sanubari aku, apa itu persahabatan sejati ….. Persahabatan yang sama – sama kita lalui baik dalam acara Kopdar … Nonbar …. acara tour baik kandang maupun tandang …… Persahabatan yang sama – sama kita lalui dalam sebuah Organisasi dan dalam sebuah Community? Bukan karena aku tak tahu artinya, tapi karena aku menyangsikan keberadaannya. Sering aku bertanya – tanya, di mana kalian sahabat – sahabatku saat aku membutuhkan kalian? Sering juga yang aku temui justru orang lain, dan bukan keberadaan kalian di saat aku berharap kalian ada. Sejujurnya, aku menjadi tak seyakin saat aku menjawab “Pasti!” dalam setahun ini yang telah berganti dari hari ke hari …. bulan ke bulan yang baru yang telah berlalu, untuk sebuah pertanyaan yang sama, ”Apakah kita akan menjadi sahabat sejati selamanya …… Sahabat dalam sebuah Community atau dalam sebuah Organisasi?”

Sering aku begitu merindukan waktu di mana kita bisa bersama – sama seperti dulu. I know, it sounds cheezy, but it is true. Saat kita bisa berbicara dari hati ke hati, saat kita membela tim Kebanggaan kita dan menguatkan setiap Suporter dari kita yang sedang dihadapi pada masalah, saat segalanya terasa begitu mudah selama kita bersama. Sungguh, aku merindukan saat – saat itu.

Tapi aku juga mengerti apabila suatu hari nanti, semua itu hanya akan menjadi kenangan kita. Aku pun mengerti apabila nantinya kita berkumpul hanya karena kenangan masa lalu, karena manusia memang hidup dengan berpegangan pada kenangan dan takkan mungkin melepaskannya dengan melupakan. Namun jauh di dalam lubuk hatiku, aku berharap kita berkumpul bukan hanya sekedar untuk mengenang. Aku berharap, ‘kita’ bukan sekedar kenangan.

Kemarin malam dalam sebuah mimpi ternyata aku mendapatkan jawabannya. Persahabatan sejati, mungkin itu terlalu muluk, karena kita belum sejati. Tapi saat kita semua mengusahakan untuk bertemu meskipun harus menunggu berjam – jam, lalu kita bisa berbicara panjang lebar, melewati tahun – tahun yang terlewati tanpa ‘kita’, melewati ketidak tahuan yang menumpuk, melewati segala batas profesi maupun batas negara, dan kembali menjadi kita yang dulu.., bagiku itu sudah lebih dari cukup. Kupikir, hanya sahabat sejati yang mampu untuk mengatakan terus terang kekhawatirannya dan tetap mendukung apapun yang terjadi pada sahabat lainnya …. sahabat dengan Suporter Olahraga. Dan itulah yg terjadi semalam. Kita semua saling mendukung tim kesayangan kita dengan cara kita masing – masing. Aku mendengar suara hati dan kejujuran. Aku mendengar banyak kekecewaan, kesedihan, dan kekhawatiran.

Kurasa itu sangat wajar dan bukankah saling menyakiti memang merupakan salah satu syarat utama untuk bisa menjadi sahabat sejati …… sahabat dalam sebuah Organisasi atau dalam sebuah Community dalam sebuah Suporter Olah Raga Indonesia maupun di dunia Internasional? Karena semua tumpukan kekecewaan, kesedihan, kekhawatiran, dan sakit hati itu..justru menunjukkan porsi yang terbesar untuk cinta dan perhatian. Itu semua sangat jauh lebih dari cukup bagiku. Dan kurasa kalian dalam sebuah Organisasi maupun dalam sebuah Community yang tergabung dalam Suporter Olah Raga Indonesia maupun di dunia Internasional pun merasakan yang sama. Dua bulan ini adalah dua bulan yg paling tidak menyenangkan dalam kurun waktu setahun terakhir, karena permasalahan yang aku alami sering silih berganti, dan dalam dua bulan ini ada banyak masa – masa yang tidak menyenangkan sering menganggu hubungan persaudaraan dan persahabatan dalam sebuah Community tempat aku bernaung.

Bohong kalau kukatakan bahwa selama ini aku tak khawatir kita akan berubah termakan waktu dan jaman. Bohong juga kalau kukatakan aku tak pernah kecewa dengan ketidak adaan kalian dalam waktu dan sebagian hidupku. Tapi bohong juga apabila kukatakan aku selalu menyediakan waktu untuk kalian. Kupikir, setiap individu dari kita semua memang manusia – manusia yang tidak sempurna, tapi KITA BELUM SEMPURNA. Paling tidak begitu menurutku.

Dari antara semua kejadian di dalam hidupku, bersama kalian adalah sesuatu yg tidak pernah membuatku menyesal dan kupikir, mungkin takkan bisa tergantikan. Dulu, sekarang, dan semoga…….Kebersamaan kita dalam sebuah Organisasi dan dalam sebuah Community yang sering terjadi kesalahpahaman? akan kembali menjadi hubungan yang harmonis …… hubungan yang penuh dengan persahabatan …… persaudaraan dan kekeluargaan ….. hubungan Persahabatan yang sejati dalam satu Organisasi dan dalam satu Community???.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters