Kamis, 17 Maret 2011

JK Dukung Sutiyoso Jadi Ketua Umum PSSI

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan dukungan moril kepada Sutiyoso untuk maju dalam bursa pemilihan ketua umum PSSI. Dalam pandangan JK, jika yang lain tidak memenuhi syarat berarti tinggal Sutiyoso yang memenuhi syarat.

Hal ini dikatakan Jusuf Kalla di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. Kalla diberi gelar kehormatan dalam bidang pendidikan kewirausahaan.

"Jika yang lainnya tidak boleh maka saya sependapat (Sutiyoso maju)," kata Jusuf Kalla di Bandung Kamis 18 Maret 2011.

Menurut JK, orang yang akan memimpin PSSI itu harus memenuhi beberapa syarat. Antara lain pengalaman, memiliki kemampuan dan pengetahuan akan sepakbola dan memiliki waktu luang untuk memimpin PSSI.

"Jika yang lainnya tidak memenuhi syarat, yang memenuhi syarat setelah itu ya Pak Sutiyoso, saya dukung itu," jelas JK.

Namun JK sadar dukungannya pada Sutiyoso hanya sebatas dukungan moril. Pasalnya dirinya tidak punya hak suara untuk memilih Ketua Umum PSSI.

Polemik seputar pemilihan ketua umum PSSI mencuat menjelang kongres. Persoalan meruncing setelah Komite Banding menganulir empat bakal calon ketua umum, yakni: Nurdin Halid, Nirwan D. Bakrie, Jenderal TNI George Toisutta, dan Arifin Panigoro.

Muncul perbedaan tentang penafsiran ketentuan tentang syarat calon ketua umum PSSI antara pemerintah dengan pengurus PSSI. Kisruh ini membuat Federasi Sepakboal Dunia (FIFA) akhirnya turun tangan. Badan sepakbola dunia itu memberikan tenggat waktu paling lama 30 April kepada PSSI untuk menyelanggarakan kongres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters